Kenapa Website Penting Untuk Bisnis?

jasa website malang

Daftar Isi

Manfaat WebsiteWebsite adalah sejumlah halaman web yang saling terkait dan berisikan informasi gambar, teks, animasi, suara, dan/atau gabungan semuanya dengan topik tertentu yang dapat diakses melalui Internet. Dalam sebuah website biasanya akan tersedia sebuah informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, ataupun organisasi. Banyak individu membuat website untuk keperluan pribadi atau bisnis mereka. Bagi sebuah bisnis, ada banyak manfaat yang mendasari pentingnya website untuk bisnis. Penggunaan website meningkat dengan pesat sejak memasuki era digital. Menurut Global Web Index, 62% pelanggan mengunjungi website hanya untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk.

Jadi, sebagai seorang pengusaha, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk membuat website sebagai media branding maupun promosi bisnis. Sebab, Website adalah teknologi informasi terbaik saat ini sebagai sarana pertukaran informasi terhadap pelanggan atau klien Anda secara mudah, cepat, dan tanpa batas jarak ataupun waktu. Dan tidak cuma informasi saja, bahkan transaksipun telah mulai banyak dijalankan melalui toko online dengan menggunakan teknologi website serta aplikasi mobile.

manfaat website
Manfaat website untuk company profile
manfaat website
Manfaat website untuk jual beli

Manfaat Website untuk Bisnis

Website memiliki sangat banyak manfaat untuk mengembangkan bisnis Anda terutama di era sekarang, antara lain:

1. Bisnis Buka selama 24 Jam per Hari, Non-Stop

Website dapat diakses kapan pun, di mana pun. Inilah yang memungkinkan konsumen mengunjungi bisnis Anda 24 jam dalam sehari, bahkan di hari libur sekalipun. Penggunaan website 24 jam non-stop ini secara persisten mencari calon-calon konsumen untuk bisnis Anda. 

Bayangkan bila Anda hanya bertahan dengan sistem offline. Berapa banyak calon pelanggan terlepas dari genggaman karena digempur oleh website kompetitor.

2. Bisnis Memiliki Benteng Pertahanan untuk Situasi Force Majeure (Tak Terduga)

Pelaku bisnis profesional harus siap menghadapi segala macam situasi, termasuk kondisi tak terduga (force majeure), seperti gempa, kerusakan bangunan, pandemi, banjir, dan lain sebagainya.

Mengambil pelajaran nyata dari kondisi pandemi COVID-19, semua bisnis offline terhenti operasionalnya karena kebijakan pemerintah masing-masing negara untuk melakukan lockdown. Hanya bisnis dengan teknologi penjualan/pemasaran digital-lah yang mampu bertahan di tengah gempuran kebijakan pemerintah tersebut. Maka, wajar saja bila website dianggap sebagai benteng pertahanan dalam segala macam kondisi.

3. Jangkauan Pasar Bertambah Luas

Internet tidak terhalang oleh jarak. Siapa pun, di mana pun bisa terhubung asalkan memiliki akses internet. Tambahan lagi, internet telah menjangkau lebih dari setengah populasi penduduk dunia. Itu berarti pasar Anda bukan lagi lokal, tetapi juga internasional. Website perusahaan Anda bisa saja dikunjungi oleh orang-orang dari Arab, Amerika, Paris, Korea Selatan, Taiwan, Belanda, dan lain sebagainya. Dengan adanya kesempatan seperti itu, bukan tidak mungkin kalau bisnis Anda akan mendunia suatu saat nanti.

4. Meningkatkan Penjualan

Seperti yang telah Anda ketahui, website dapat membantu calon pelanggan atau pelanggan Anda mendapatkan informasi mengenai produk yang Anda jual. Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website.

Karena website bisa diakses oleh siapa saja dan dimana saja, maka website bisa berfungsi sebagai sarana memperluas jangkauan target pasar. Bisnis Anda dapat dikenal oleh lebih banyak orang dengan website. Sehingga, Anda juga bisa melakukan penjualan dari website dengan fitur Toko Online dan meningkatkan penjualan dari sana. Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat. Jadi, cobalah mulai membuat website dengan fitur penjualan online di dalamnya.

5. Media Promosi yang Efektif dan Efisien

Masih menggunakan strategi pemasaran manual? Jika iya, perusahaan Anda membuang banyak hal berharga, termasuk uang dan waktu. Jelas saja, pasalnya, cara tradisional membutuhkan banyak pembiayaan, contoh siaran pers, iklan cetak, pamflet, dan lainnya. Meski masih populer, cara ini dinilai kurang efektif karena tidak dapat menyentuh semua lapisan masyarakat, mulai dari umur hingga tingkat ekonomi. Selain itu, metode tradisional juga kurang efisien karena biasanya akan berujung pada penumpukan sampah.

Website adalah media promosi yang paling efektif dan efisien. Sebagai salah satu platform digital marketing, Anda tentu bisa menggunakan website sebagai media promosi bisnis. Calon pelanggan bisa mengakses website bisnis Anda kapan dan dimana saja. Dengan website, Anda dapat memberikan informasi mengenai produk, promosi atau potongan harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Dengan mengunjungi website, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui segala hal tentang produk dan merek yang Anda pasarkan. Tidak hanya informasi promosi seperti potongan harga atau cashback, Anda juga bisa menampilkan informasi tentang perusahaan dan informasi mengenai seluruh produk dalam bisnis Anda. Dengan begitu, website tersebut juga bisa berperan sebagai katalog produk dimana pelanggan bisa melihat semua daftar produk Anda dimana saja dan kapan saja. Sehingga, mereka bisa selalu melihat informasi-informasi promosi, seperti potongan harga, pada bisnis Anda kapan saja melalui website Anda. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, pelanggan dapat segera mengambil keputusan untuk melakukan pembelian jika tertarik, atau mencari produk lain yang mereka butuhkan di dalam website Anda.

6. Menjaga Kredibilitas dan Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan (Branding)

Branding adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam membangun sebuah bisnis. Bagi sebuah bisnis, branding adalah hal yang sangat penting. Tanpa branding, sebuah bisnis mungkin akan sulit dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Website adalah bentuk branding yang patut dicoba. Pasalnya, sebagian besar masyarakat berpikir bahwa membuat akun di media sosial mudah dan gratis sehingga rentan penipuan. Sebaliknya, website membebankan biaya sewa domain & web hosting bagi user-nya sehingga mengurangi potensi tindak kriminal di dalamnya. Selain itu, website memiliki halaman informasi lengkap nan akurat bagi customer-nya. Siapa pun bisa menggali informasi detail mengenai bisnis Anda, mulai dari halaman utama (Homepage), Tentang Kami (About Us), Produk & Layanan (Products & Services), hingga Hubungi Kami (Contact Us). 

Informasi detail dari halaman-halaman tersebutlah yang kemudian meningkatkan sekaligus menjaga kredibilitas bisnis di mata konsumen. Dengan adanya website, biasanya sebuah bisnis akan terlihat lebih profesional dan bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan untuk bertransaksi. Dengan memiliki website, Anda dapat secara langsung menyajikan informasi yang membantu Anda dalam memperkenalkan merek atau produk yang dipasarkan atau dijual. Bukan hanya itu, dengan website, pelanggan juga dapat lebih percaya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan, dan tentunya Anda dapat melakukan komunikasi dua arah.

7. Perkembangan Bisnis Mudah Dipantau

Salah satu manfaat paling signifikan dari penggunaan sebuah website bisnis adalah Anda dapat memantau perkembangan perusahaan secara real time dengan analytics atau informasi statistik dari pengukuran, pengumpulan data, juga analisa perilaku pengguna website. 

Beberapa indikator yang dapat ditampilkan oleh analytics, antara lain:

  • Jumlah pengunjung aktif
  • Jumlah pengunjung yang tingkat kunjungannya rendah (satu atau dua kali saja)
  • Halaman yang sering dikunjungi oleh pengguna
  • Waktu rata-rata berkunjung

Manfaat ini tentu tidak dapat Anda rasakan bila hanya terpaku pada strategi pemasaran non-digital. Meski masih bisa dilakukan analisa, perhitungan hasil statistiknya membutuhkan waktu lebih lama.

8. Kepuasan Konsumen Terpenuhi dengan Baik

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kepuasaan pelanggan. Website bisa dibilang sebagai layanan all-in-one terbaik yang perusahaan bisa tawarkan untuk konsumen setianya. 

Hanya dengan bantuan sebuah website, pelanggan sudah bisa mendapatkan banyak hal, meliputi:

  • Mengetahui visi dan misi perusahaan secara detail
  • Mengenal sejarah perusahaan dari nol hingga berkembang
  • Mempelajari berbagai layanan dan produk yang ditawarkan
  • Mendapatkan informasi menarik dari artikel-artikel dalam blog
  • Menghubungi layanan pelanggan secara langsung
  • Memesan produk dan jasa yang dibutuhkan
  • Melakukan proses pembayaran pesanan
  • Menyediakan layanan keanggotaan, lengkap dengan penawaran diskon
  • Memberikan testimoni kondisi produk atau hasil pengerjaan layanan

Itulah beberapa alasan pentingnya website untuk sebuah bisnis dan juga manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki website. Jadi, cobalah mulai memikirkan untuk membuat website untuk bisnis Anda. Jika Anda tidak terlalu memahami bagaimana cara membuatnya, Anda dapat meminta bantuan kami sebagai penyedia jasa website profesional yang lebih memahaminya. Anda bisa melihat portofolio kami di